Just Droping To say HI !!!!DesiSmileys.com

Senin, 21 Oktober 2013

Tugas 1 Paragraf Deduktif dan Induktif

PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
   A.    Pengertian

·        Paragraf Deduktif
Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum.

·        Pargraf Induktif
Paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.

   B.     Ciri-ciri

·        Paragraf Deduktif
è  kalimat utama berada di awal paragraf.
è  kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan khusus.

·        Paragraf Induktif
è kalimat utama berada di akhir paragraph.
è kalimat disusun dari uraian/penjelasan bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan umum

    C.     Perbedaan

Aspek yg Dibandingkan
Letak Kalimat Utama
Alur Berpikir
Cara Pengembangan Kalimat
Cara Memahami Isi
Paragraf Deduktif
Diawal Kalimat
Diawali dengan kesimpulan atau pernyataan umum, selanjutnya dihadirkan contoh , kasus, ilustrasi, dan uraian khusus yang yang mendukung simpulan atau pernyataan umum.

Jika paragraf terdiri dari lima kalimat, isi kalimat pertama harus dijabarkan atau diuraikan lebih lanjut dalam kalimatkedua sampai kelima.

Melalui membaca cepat, pembaca akan segera menemukan bahwa kalimat yang diletakkan di awal paragraf,isinya dijabarkan dan dijelaskan lebih lanjut dalam kalimat-kalimat berikutnya.

Paragraf Induktif
Diakhir Kalimat
Diawali dari contoh, kasus, ilustrasi, dan uraian-uraian khusus, diakhiri dengan kesimpulan atau pernyataan umum.
Jika paragraf terdiri dari lima kalimat, kalimat1-4 secara bersama-sama mendukung simpulan yang dirumuskan dalam kalimat kelima.

Melalui membaca cepat, pembaca akan dapat ”merasakan” bahwa kalimat-kalimat yang dihadirkan untuk mendukung kalimat utama yang diletakan di akhir paragraf

     D.    Contoh-contoh

·        Paragraf Deduktif
Plastik mengepung kehidupan kita. Limbah plastik tergolong sampah yang sulit terurai secara alamiah. Kondisi ini mengundang reaksi karena rongsokan plastik merupakan krisis sampah padat. Cara mengatasinya adalah daur ulang, karena dianggap jalan yang paling aman. Masalahnya bagaimana meningkatkan teknologi daur ulang sehingga dapat dihasilkan bahan baku plastik yang kualitasnya bagus.
Bisa dilihat pada paragraf diatas bahasan utama dari paragraf tersebut adalah tentang sampah yang mengepung kehidupan kita, kemudian kalimat utama tersebut
dijelaskan lagi oleh kalimat kalimat penjelas yang ada berikutnya. jadi sebenarnya inti dari paragraf tersebut merupakan masalah sampah yang merajalela.

·        Paragraf Induktif

Setiap hari Abo selalu pulang malam. Sekitar jam 20.00. Sangat tak masuk akal jika seorang pelajar pulang malam. Diapun tak pernah belajar. Hidupnya selalu di penuhi dengan gemerlapnya dunia. Tak ada kata susah didalam pikirannya. Maka dari itu sangart wajar sekali jika Abo tidak naik kelas.


SUMBER 

http://hariadialmalay.blogspot.com/2010/03/paragraf-induktif-dan-paragraf-deduktif.html
http://ikemurwanti.blogspot.com/2013/01/paragraf-induktif-dan-deduktif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar